News & Research

Reader

PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) berencana menerbitkan sejumlah saham baru melalui mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD)
Wednesday, January 12, 2022       08:59 WIB

Download PDF

PT Darmi Bersaudara Tbk () berencana menerbitkan sejumlah saham baru melalui mekanisme Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue. Rencana aksi korporasi yang sudah memiliki pembeli siaga itu akan digelar sekitar bulan April atau Mei 2022.
Dana HMETD direncanakan akan digunakan untuk mengambilalih sebuah usaha EMKL (Ekspedisi Muatan Kapal Laut) di Surabaya. Kebutuhan dana untuk pengambilalihan itu sekitar Rp 15 miliar hingga Rp 25 miliar.
Langkah strategis ini diperlukan sebagai solusi mengatasi kelangkaan kontainer dan menjaga stabilisasi harga sewa freight. Asal tahu saja, sepanjang tahun 2021, terjadi peningkatan luar biasa atas harga sewa kontainer yang dipicu oleh kelangkaan jumlah kontainer pada pelabuhan keberangkatan dan pelabuhan tujuan. Adapun harga-harga freight yang melambung tinggi juga membebani perseroan.
Kondisi tersebut mengganggu kinerja . Sebab, pasar utama ekspor menjadi tidak mudah diakses dan mengalami perlambatan kinerja. Dengan kata lain, kehilangan mayoritas penjualan. Kehilangan penjualan ini berdampak pada penurunan pendapatan yang cukup signifikan, walau sebenarnya aktual penjualan masih terjadi.
Oleh karenanya, berharap, aksi korporasi HMETD yang ditujukan untuk pengambilalihan perusahaan EMKL itu bisa membantu perusahaan mempertahankan keberlangsungan usaha ke depan. Di tahun 2022 ini pun menargetkan bisa mengirimkan sebanyak 450 kontainer.

Sumber : IPS RESEARCH

powered by: IPOTNEWS.COM

An error occurred.